Posyandu Suci Hati Kelurahan Sago, Kembali Buka Pelaksanaan Posyandu Secara Door To Door 

Jumat, 05 Agustus 2022 - 10:42:34 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU, CATATANRIAU.com | Jumat (05/08/2022).  Posyandu merupakan suatu wadah kegiatan yang merupakan titik temu antara pelayanan professional dari petugas Kesehatan dan peran serta masyarakat dalam mengatasi masalah Kesehatan yang dialami masyarakat. Terutama dalam upaya penurunan angka kematian dan angka kelahiran bayi. Penyelenggaraan dilakukan oleh kader yang telah dilatih dalam bidang Kesehatan dan KB. Pihak yang terkait adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), tokoh masyarakat dan pemudi.

Sejatinya pelaksanaan kegiatan posyandu ini ialah meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi ibu hamil, anak balita, dan lansia (lanjut usia). Posyandu bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak melalui pelayanan Kesehatan. 

Adapun sasaran dari pelaksanaan posyandu ini ialah seluruh ibu hamil, anak balita dan lansia Kelurahan Sago.Mahasiswa/i Kukerta Kelurahan Sago Universitas Riau yang berlokasi pada Kelurahan Sago ikut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu yang dilaksanakan pada hari Rabu, (20/07/2022) kemarin di Kelurahan Sago. 

Kegiatan posyandu pada Kelurahan Sago ini dilakukan setiap satu bulan sekali bersama pihak PKK. Pada kegiatan posyandu kali ini disediakan beberap meja dengan peruntukkan yang berbeda. Meja pertama diperuntukkan sebagai tempat pendaftaran ibu hamil, balita dan lansia. Meja kedua merupakan tempat pemeriksaan dilakukan dan meja ketiga ialah meja untuk pengisian data yang diperoleh.

Dalam kegiatan ini terdapat pelayanan kesehatan pada ibu hamil, anak balita dan lansia. Untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, tensi, gula darah, kolestrol, dan pemeriksaan keadaan yang kemudian diberikan vitamin. untuk lansia dilakukan pemeriksaan berat badan, lingkar pinggang, pengecekan tekanan darah , gula darah, kolsetrol, dan pemeriksaan keadaan yang kemudian diberikan vitamin. Sedangkan untuk anak balita dilakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, pemberian vitamin, dan pengecekan keadaan balita apakah termasuk stunting atau tidak. Setelah dilakukan pemerikasan dan pencatatan data, dan diperoleh bahwa terdapat 2 anak yang mengalami stunting.

Dalam kegiatan posyandu kali ini, Mahasiswa/i turut serta membersamai pihak PKK dalam pemeriksaan tinggi badan, berat badan, kolsetrol yang kemudian dicatat didalam buku laporan pemeriksaan bulanan. Dan juga mahasiswa Kukerta juga menyediakan konsumsi kepada masyarakat yang menghadiri kegiatan posyandu yang mana konsumsi tersebut telah disediakan dan disiapkan oleh Mahasiswa/i Kukerta Kelurahan Sago Universitas Riau 2022 di pagi hari, berupa bubur sum-sum yang mana bubur sum-sum yang telah disiapkan akan dibagikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan posyandu tersebut.

Semua bentuk rangkaian kegiatan posyandu berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik serta tidak adanya kegiatan yang belum terlaksana. Hal ini disebabkan banyaknya dukungan positif dan partisipasi dari semua pihak yang terlibat dari pihak PKK, masyarakat, dan para mahasiswa Kukerta yang ikut berpartisipasi sehingga kegiatan berjalan dan terlaksana dengan baik. Dan harapan kedepannya di kelurahan sago bisa mempertingkatkan lagi dan lebih aktif dalam kegiatan posyandu yang diadakan diwaktu yang akan dating. (Raindy Harvian)


Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex